Pengaruh Musik Terhadap Aktifitas Manusia

Pengaruh Musik Terhadap Aktifitas Manusia



   Telah menjadi kebutuhan dalam hidup manusia, untuk selalu melakukan refresing guna mengembalikan segala bentuk yang mempengaruhi fikirannya karena kesibukan dalam beraktifitas sehari-hari. Otak yang setiap saat aktif dalam berfikir tak terkecuali saat menjelang tidurpun manusia tetap sibuk dalam berfikir, oleh karenanya otak yang tadinya inhern dengan apa yg kita lakukan dalam keseharian kita, membutuhkan hiburan untuk menunjang istirahat kita.

      Musik yang tersusun dalam pola ritmenya memiliki keteraturan yang dapat mempengaruhi sistim saraf yang dapat melakukan sensor motorik, yakni alam bawa sadar dan sel saraf lain.Musik

sebagai hiburan yang paling bayak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat dunia.

Melalui musik kita dapat memperoleh ketenangan jiwa, serta mampu menghilangkan kejenuhan setelah beraktifitas.Musik itu sendiri dapat dijadikan sebagai salah satu seni yang dapat melukiskan perasaan juga pemikiran kita.Melukiskan lewat keindahan nada dan keharmonisan antara sya’ir dengan nada.Begitu pentingnya musik dalam beraktifitas sehingga kita tak measakan beratnya aktifitas yang kita lakukan. 

      Musik dapat tercipta dengan adanya faktor penunjang ,yakni bakat manusia. Bakat sangat membantu dalam merealisasi keinginan dalam berkarya ,khususnya dibidang seni musik, jadi untuk meraih semua itu tentulah memperhatikan bakat yg dimilikinya, disertai latihan-latihan agar apa yang diharapkan terlaksana sesuai apa yg diinginkan.

Musik sangat berpengaruh pada aktifitas kita dalam keseharian, mengapa demikian? Sudah pasti berkaitan erat dengan kondisi masing-masing yang kita rasakan setelah beraktifitas kita membutuhkan hiburan. 

     Meskipun demikian, kita tetap selektif dalam memilih musik yang sesuai dengan masa istrahat kita, tentu kita dapat memilih tempo musik yg tepat sebagai teman dalam melepas lelah, tidak asal asyik tapi berisik, begitu juga dengan volume yang kita pilih tentulah yg sedikit lirih hingga bisa membuat kita terbuai untuk beberapa saat lamanya atau dengan kata lain dapat melenakan hingga otak kembali bisa melakukan aktifitas dengan penuh konsentrasi.

Musik mampu membawa kita pada aktifitas yang mamadai sehingga apa yang kita kerjakan selanjutnya lebih bisa membuat aktifitas kita terkontrol dengan baik. Melalui karya seni musik kita mampu menguji kemampuan berbahasa, berimajinasi, meningkatkan kemampuan berfikir dan tetap menjaga komunikasi bathin melalui karya-karya musik.         

        Musik sebagai sarana komunikasi memungkinkan kita mengalami ketenangan dan lebih baik untuk menguji kemampuan kita dalam berimajinasi, sekaligus untuk menghilangkan kepenatan sehabis beraktifitas.Musik juga memiliki keterkaitan dengan psikologis manusia,dengan demikian musik bisa dijadikan sebagai bagian dari kehidupan sosial, tingkah laku kehidupan sehari-hari serta emosi sesorang. Emosi sendiri merupakan dari kondisi psikologis manusia dimana masing-masing manusia memiliki pengendalian yang berbeda terhadap emosi, dimana salah satu dari wujud emosi adalah senang atau gembira.Dengan demikian musik sangat mempengaruhi aktifitas manusia ,untuk lebih memudahkan seseorang dalam melakukan aktifitasnya motorik maupun pendorong dalam melakukan aktifitas.

Sumber:Dra. Aluspiah
Penulis:ALUSPIAH
RPP terkait:RPP DARING SENI MUSIK

Article "Pengaruh Musik Terhadap Aktifitas Manusia" protected
IdeCara

Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama